Lakukan 5 Tips Berikut Ini untuk Memilih Cabai Segar yang Merah

  • Whatsapp
Memilih Cabai Segar yang Merah

Seperti yang kita tahu, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan beragam pilihan kuliner pedas. Soalnya, ada banyak sajian yang menggunakan sambal sebagai pelengkap. Bukan hanya itu saja, beberapa masakan juga dianggap tidak akan nikmat apabila kita tidak menyediakan sambal.

Nah, sambal sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa Jawa yang merupakan saus atau kondimen pedas. Nah, untuk membuat sambal yang nikmat, kita membutuhkan bahan utama berupa cabe segar yang berkualitas baik. Cabe seperti ini bisa kita peroleh secara praktis di platform penyedia sayur dan buah online No. 1 di Indonesia, yakni TaniHub.

Untuk penggunaan cabe pada sambal sendiri dianggap sebagai salah satu hal yang penting. Maka dari itu, kita pun harus selektif ketika kita memilih cabe. Jika kualitasnya tidak baik, maka sambal yang kita buat tidak akan memiliki rasa yang lezat dan pedas. Maka dari itu, pastikan kita memperhatikan 5 tips berikut ini ketika kita sedang memilih cabe agar kita mendapatkan cabe yang segar dan merah.

1. Memastikan warna dan tekstur cabe

Sebelum membeli cabe, ada baiknya kita terlebih dahulu memperhatikan warna dan tekstur cabe. Apabila cabe tersebut memiliki warna yang merah segar dan tidak mengalami perubahan warna, maka dapat disimpulkan bahwa cabe tersebut merupakan cabe berkualitas unggul. Bukan hanya warna saja, kita pun perlu melihat tekstur yang terdapat pada cabe yang hendak kita beli. Cabe yang berkualitas baik teksturnya akan cenderung halus, tidak mengkerut.

2. Memperhatikan bentuk cabe

Cabe yang harus kita pilih memiliki kriteria bentuk tertentu, yakni yang tidak melengkung, berbentuk lurus, serta besar. Hal ini disebabkan oleh cabe yang bentuknya melengkung dapat menandakan bahwa cabe tersebut tidak begitu pedas, berbeda halnya dengan cabe yang bentuknya lurus.

3. Melihat daging cabe

Apabila daging cabe masih terasa empuk saat kita memegangnya, maka dapat disimpulkan bahwa cabe tersebut masih memiliki kualitas yang baik dan segar. Di samping itu, cabe yang rasanya pedas dapat ditandai dengan adanya kulit yang tebal.

4. Memastikan aroma cabe

Cabe yang pedas ternyata juga memiliki aroma khasnya sendiri yang segar. Aroma pedas yang khas ini tentunya menandakan tingkat kepedasan cabai yang tinggi serta masih segar. Maka dari itu, ketika kita menemukan cabe yang aromanya pekat dan tidak lagi segar, maka sebaiknya kita menghindari penggunaan cabe tersebut karena cabe tersebut kemungkinan sudah busuk.

5. Melihat batang cabai

Ternyata, bukan hanya daging buah saja yang harus kita lihat ketika sedang memilih cabe. Batang cabe pun menjadi hal yang krusial karena harus segar dan terasa keras maupun kokoh. Bukan hanya itu saja, kita pun perlu memperhatikan warna batang cabe. Soalnya, batang cabe yang segar cenderung memiliki warna kehijauan.

Nah, itulah tadi 5 tips yang dapat kita ikuti untuk mendapatkan cabe yang segar dan merah. Sementara untuk pembuatan cabe menggunakan sambal, kita pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan sambalnya. Sebagai contoh, ada sambal yang diolah secara mentah seperti sambal matah yang kemudian ditumis menggunakan minyak goreng. Selain itu, terdapat juga sambal yang cabenya perlu diulek, ditumis, direbus, atau bahkan dibakar. Terlepas dari apapun sambal yang ingin kita buat, kita perlu mendapatkan cabe segar hanya di TaniHub, platform online yang menyediakan aneka buah dan sayuran segar.

Related posts